Membuat Kerajinan Tangan Wadah Sendok Kaleng Bekas

Membuat Kerajinan Tangan Wadah Sendok Kaleng Bekas. Berikut di bawah ini sedikit tips ide cara membuat kerajinan tangan dari kaleng bekas berupa wadah sendok garpu unik.


Membuat Kerajinan Tangan


Menggunakan berbagai jenis barang bekas untuk membuat aneka macam kerajinan tangan dari bahan bekas adalah salah satu cara yang unik selain murah untuk membuat sebuah kreasi kerajianan. Ada bermacam jenis barang bekas yang juga bisa kita manfaatkan, dan salah satunya adalah kaleng bekas.

Kaleng bekas merupakan salah satu jenis barang bekas yang sangat mudah ditemukan dimana-mana. Karena sekarang ini banyak sekali makanan kaleng atau minuman ringan yang menggunakan kaleng bekas sebagai wadahnya. Jadi pasti kita tidak akan kesulitan mencari atau mendapatkan beberapa buah kaleng bekas.

Nah sekarang kita akan memanfaatkan kaleng-kaleng bekas ini untuk membuat kerajinan tangan berupa wadah sendok dan garpu unik. Bahan utama yang dibutuhkan adalah beberapa buah kaleng bekas sesuai dengan kebutuhan kerajinan tangan yang akan anda buat. Kemudian kita juga perlu cat, papan kayu, paku, sekrup, palu, dan obeng.


Membuat Kerajinan Tangan Wadah Sendok Dari Kaleng Bekas


Untuk membuat kerajinan tangan wadah sendok garpu ini anda tidak harus terpaku pada bahan-bahan yang telah disebutkan di atas. Bahan-bahan tersebut hanya sebagai contoh acuan saja. Dan anda masih bisa berkreasi dengan bahan lain lagi. Misalnya bentuk dan ukuran kaleng bisa divariasikan, lalu warna cat juga masih bisa diubah sesuai selera.

Cara Membuat Kerajinan Tangan Dari Bahan Bekas | Barang Bekas | Wadah Peralatan Makan

Cara Membuat Kerajinan Tangan Dari Bahan Bekas - Wadah Perlengkapan Makan


Berikut ini adalah cara membuat kerajinan tangan dari bahan bekas yang berupa tempat atau wadah peralatan makan yang terbuat dari kaleng bekas :


Cara Membuat Kerajinan Tangan Dari Bahan Bekas | Barang Bekas | Wadah Peralatan Makan 1
Yang pertama anda siapkan adalah beberapa buah kaleng bekas. Usahakan untuk menggunakan kaleng bekas yang masih agak bagus atau masih agak utuh. 
Bersihkan kaleng-kaleng bekas tersebut dengan dara dicuci hingga bersih lalu keringkan. Kemudian ratakan jika ada yang penyok.

Langkah kedua yaitu cat kaleng-kaleng bekas yang telah dibersihkan tadi dengan cat besi dengan warna sesuai selera anda sendiri. Anda juga bisa mengkombinasikan beberapa warna catnya. Lalu Jemur hingga kering.

Berikutnya siapkan juga selembar papan kayu tebal berukuran sedang sesuai kebutuhan. Lalu catlah papan kayu tebal tersebut dengan warna sesuai selera anda sendiri, dan jemur atau tunggu hingga kering.


Cara Membuat Kerajinan Tangan Dari Bahan Bekas | Barang Bekas | Wadah Peralatan Makan 2
Berikutnya beri sebuah lubang pada bagian atas kaleng bekas yang telah dicat. Gunakan paku berukuran agak besar untuk melubanginya.

Atur posisi kaleng-kaleng bekas yang telah dicat tersebut dengan posisi berdiri menempel pada papan yang sudah dicat. Posisi kaleng yaitu bagian yang dilubangi dengan paku tadi menempel pada papan kayu. Kemudian beri tanda pada lubang paku dengan menggunakan pensil.

Papan telah diberi tanda dengan pensil, lalu buatlah lubang pada tanda-tanda tersebut dengan menggunaka paku. Lubang jangan terlalu dalam.


Cara Membuat Kerajinan Tangan Dari Bahan Bekas | Barang Bekas | Wadah Peralatan Makan 3
Setelah papan diberi lubang, tempelkan satu persatu kaleng bekas pada papan. Posisi lubang pada kaleng menempel dengan lubang pad papan kayu.

Satukan kaleng bekas dengan papan menggunakan sekrup ukuran sedang. Kalau bisa usahakan sekrupnya juga dicat agar semakin bagus. Nah tempelkan semua kaleng pada papan. Kalau mau anda juga bisa menambahkan pegangan pada bagian atas papan kayu.


Cara Membuat Kerajinan Tangan Dari Bahan Bekas | Barang Bekas | Wadah Peralatan Makan 4
Wadah peralatan makan dari kaleng bekas yang unik ini sudah jadi dan siap digunakan. Anda bisa juga menambahkan beberapa assesoris lain untuk memperindah tampilannya.


Demikian sedikit tips sederhana bagaimana cara membuat kerajinan tangan dari bahan bekas yaitu wadah peralatan makan dari kaleng bekas, semoga bermanfaat.

sumber: dumpaday.com

1 comment:

Unknown said...

..uang buat mereka yg kreatif #apibiru

Custom Search